PEMBENTUK WORD OF MOUTH PADA PERUSAHAAN PENERBANGAN BERTARIF MURAH DI INDONESIA

Yasintha Soelasih • S. Sumani
Journal article MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen • 2019 Indonesia

Download full text
(Bahasa Indonesia, 14 pages)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh mediasi kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan, tarif dan wouth of mouth pada penerbangan bertarif murah di Indonesia. Kajian teori yang diturunkan ke dalam model penelitian dengan instrumen yang digunakan dalam menyusun kuesioner untuk pengambilan data primer. Sampel yang terambil sebanyak 248 dengan kriteria sudah pernah menggunakan penerbangan bertarif murah di Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Indonesia dengan purposive sampling pada tiga perusahaan penerbangan bertarif murah. Dilakukan uji instrument dengan menggunakan reliabilitas dan validitas. Untuk reliabilitas maka menggunakan cronbach’s alpha sedangkan untuk validitas menggunakan confirmatory factor analysis. Pada uji hipotesis digunakan SEM dengan Lisrel. Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap word of mouth. Sedangkan tarif tidak mempunyai pengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap word of mouth. Variabel mediasi kepuasan penumpang penting dalam membentuk word of mouth, dibandingkan tanpa adanya variabel mediasi. Penumpang tetap mengukur kualitas pelayanan yang diterima dengan kepuasan yang dirasakan. Oleh karena itu perusahaan penerbangan dengan konsep penerbangan bertarif murah tetap perlu memperhatikan kepuasan penumpang, bukan hanya pada tarif yang relatif murah

Metrics

  • 141 views
  • 117 downloads

Journal

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen adalah jurnal ilmiah bidang studi manajemen organisasi, pemasaran, d... see more