Mengapa Konsumen Dalam Komunitas Merek Online Loyal? Analisis Faktor-Faktor Penentu Loyalitas Pada MiFans Virtual Brand Community

Mario Aji Ramadhan • Arif Hartono

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen yang tergabung dalam komunitas merek online (Virtual Brand Community atau VBC) Xiaomi atau Mifans community. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena tema penelitian perilaku konsumen dalam sebuah komunitas merek online di Indonesi masih jarang dilakukan. Terlebih penelitian yang menyatukan variabel seperti: (1) identifikasi komunitas merek online; (2) kepuasan komunitas merek online; (3) partisipasi komunitas merek online; (4) kepercayaan konsumen; dan (5) loyalitas komunitas online merek sebuah mobilephone belum pernah dilakukan. Responden penelitian ini adalah 220 anggota komunitas online Xiaomi atau Mifans. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui website mifans.com. Analisis data dengan menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) identifikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen VBC merek Xiaomi; (2) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi konsumen VBC merek Xiaomi; (3) partisipasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepercayaan konsumen VBC Xiaomi; dan (4) tingkat kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen VBC Xiaomi. Kontribusi penelitian terhadap pengayaan literatur dan implikasi manajerial juga disajikan dalam penelitian ini.

Metrics

  • 19 views
  • 29 downloads

Journal

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen adalah jurnal ilmiah bidang studi manajemen organisasi, pemasaran, d... see more