MANAJEMEN RANTAI PASOK: IMPLEMENTASI DAN EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL DALAM PENGELOLAAN BISNIS RADIO (Studi pada Radio 89.6FM IRadio Jakarta)

Ahmad Mulyana • Bambang Parikesit
Journal article MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen • 2019 Індонезія

Download full text
(Bahasa Indonesia, 15 pages)

Abstract

Industri siaran radio seiring dengan perkembangan teknologi digital terancam tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan pendengarnya karena media sosial telah mengubah perilaku khalayak dalam mengkonsumsi media radio. Untuk itu industri siaran radio harus menyesuaikan pengelolaan siaran radio dengan memanfaatkan maraknya penggunaan media digital untuk membantu interaksi antara stasiun radio dengan khalayak radionya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tata kelola dan pola komunikasi media sosial serta identifikasi nilai tambah yang dihasilkannya untuk menjaga keberlangsungan bisnis untuk menunjang program siaran radio, khususnya Iradio 89,6 FM. Konsep yang terkait adalah pengelolaan media digital dan nilai tambah produk untuk keberlangsungan bisnis. Adapun metode penelitan yang digunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan dukungan triangulasi data agar analisa bisa memenuhi aspek kesahihan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dilakukan dengan strategi membangun emotional bounding khalayak melalui media sosial dengan mensinergikan teknologi digital dengan muatan program berbasis radio siaran. Hal ini membantu keberlangsungan bisnis bagi IRadio 89,6 FM secara significant. Keberadaan media digital untuk industri radio adalah sebagai pelengkap bukan sebagai pesaing dan media digital membuat radio lebih mudah diakses dari berbagai area

Metrics

  • 165 views
  • 158 downloads

Journal

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen

MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen adalah jurnal ilmiah bidang studi manajemen organisasi, pemasaran, d... see more